Sabtu, 06 Juli 2013

Perokok Pasif



Tahukah anda ? apa yang dimaksud dengan perokok pasif ? Perokok Pasif merupakan seorang penghirup asap rokok dari orang yang sedang merokok. Akibatnya lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.

Padahal disekitar anda, begitu banyak perokok yang bebas menghirup rokoknya kapan saja dan dimana saja. Tentu saja hal tersebut akan membahayakan bagi seorang yang sedang tidak merokok. Menurut, Setyo Budiantoro dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.

Dari pengalaman yang pernah saya alami, ketika saya berada di sekitar orang-orang yang sedang merokok sedangkan saya tidak merokok memang belum terlihat efek yang ditimbulkan ketika kita menjadi perokok pasif. Namun ketika disekeliling saya sudah tidak ada yang merokok. Efek yang ditimbulkan dari perokok pasif akan terasa. Dimana saya mengalami pusing, perut mual dan susah bernafas. Dari pengalaman saya diatas membuktikan bahwa bahaya perokok pasif jauh lebih berbahaya daripada perokok aktif.

Maka hal yang harus kita lakukan ketika disekeliling kita terdapat seorang yang sedang merokok ialah menegurnya agar tidak merokok di tempat umum. Tetapi jika anda takut untuk menegur maka pergilah jauh-jauh dari seorang yang sedang merokok.

Ingin tahu bahaya rokok ? Simak dibawah ini !

Berikut sejumlah zat berbahaya yang terkandung di sebuah batang rokok:

Tar
Dalam tubuh manusia, tar memicu terjadinya iritasi paru-paru dan kanker.
Dalam tubuh perokok pasif, tar akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.
Nikotin
Dalam tubuh manusia menimbulkan efek adiksi atau candu yang memicu peningkatan konsumsi.
Dalam tubuh perokok pasif, nikotin akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.
Karbon Monoksida
Merupakan gas berbahaya yang dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Pengikatan oksigen oleh karbon monoksida inilah yang kemudian memicu terjadinya penyakit jantung.
Dalam tubuh perokok pasif, gas berbahaya ini akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.Bahan kimia berbahaya
Berupa gas dan zat berbahaya yang jumlahnya mencapai ribuan. Di tubuh manusia, bahan kimia berbahaya ini meningkatkan risiko penyakit kanker.
Dalam tubuh perokok pasif, bahan kimia berbahaya ini akan terkonsentrasi 50 kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.
Referensi : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar